Latest News

Mari Mengenal “uPVC”

Posted On April 14, 2015 at 10:13 am by / No Comments

uPVC Window (S PLUS SASH)
uPVC Window (S PLUS SASH)

 

apa itu uPVC?

lantas, apa bedanya PVC dan uPVC?

nah, kalimat-kalimat tersebut seringkali ditanyakan oleh konsumen saat menanyakan spesifikasi dari bahan dasar yang digunakan untuk produk terutama yang berbahan PVC dan uPVC. karena cukup banyak yang belum tahu dan mengenal apa itu uPVC, maka kami buat postingan ini, supaya lebih tahu tentang uPVC dan pastinya menjadi lebih paham akan spesifikasi dari bahan yang digunakan.

uPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride memiliki komposisi material 85% PVC dan 15% adalah stabilizers + Modifier + filler + color pigments + titanium di Oxide, yang akan membuat komposisi uPVC menjadi kokoh dan tahan terhadap perubahan cuaca.  jadi, prosesnya adalah Poly Vinyl Chloride  diperkuat dengan proses yang dinamakan Unplastized, sehingga hasil akhirnya menjadi bahan yang lebih kuat/rigid daripada PVC. Material uPVC biasanya selalu diperkuat dengan besi (steel reinforcement), sehingga lebih kokoh. uPVC merupakan turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur/plastisnya dihilangkan. Hasil akhir material ini menjadi keras dan kemudian diaplikasikan ke berbagai macam bidang industri, yang salah satunya sebagai building material khususnya pintu dan jendela.

uPVC ditemukan pertama kali di Jerman pada tahun 1960 dan sampai saat ini sudah menjadi favorit dalam pembuatan bangunan. hampir 90% bangunan di Jerman telah menggunakan komponen uPVC terutama untuk kusen pintu dan jendela, yang menggantikan kayu juga alumunium. kelebihan uPVC dibanding kayu sudah jelas, tidak merusak lingkungan dalam arti, merusak populasi pohon, dan juga tahan terhadap rayap serta bebas dari biaya perawatan. kelebihan UPVC dibanding kusen alumunium, lebih tahan terhadap cuaca, dan tidak keropos, UPVC tidak memuai atau menyusut dan lebih lentur. sehingga tetap kuat walaupun dipukul.

Bahan UPVC tidak hanya bermutu tinggi, tetapi juga ramah lingkungan. Oleh karena hal ini, berbagai kalangan dari Negara-negara yang telah disebutkan di atas sangat menyukai pemakaian kusen dan jendela berbahan UPVC dalam sebelas tahun terakhir ini. Ukuran produk telah banyak dipakai untuk memproduksi berbagai macam jendela dan pintu dengan berbagai ukuran, seperti halnya jenis pintu dan jendela geser, jenis pintu dan jendela biasa yang umumnya digunakan di Indonesia, dan jenis pintu dan jendela lainnya, termasuk pula penyekat ruangan atau partisi.

Bahan uPVC yang dipergunakan telah diakui kualitasnya. Salah satu keunggulan yang disukai dari produk kami untuk negara yang beriklim tropis adalah kemampuan untuk menyerap panas dan mempertahankan suhu udara di dalam ruangan. Disamping itu UPVC juga memiliki nilai estetika / keindahan tersendiri. Oleh karena itu, pemakaian produk kami telah digunakan di perumahan, kantor, apartemen, villa perumahan, perhotelan, ruko dan rukan. Kami mempunyai komitmen untuk menjadi yang lebih baik dari yang terbaik.

Profil uPVC diperkuat dengan rangka besi lapis  yang berguna untuk :
Menguatkan agar lebih rigid, berguna untuk instalasi ke tembok, untuk instalasi hardware.

Karet yang digunakan oleh Pintu & Jendela uPVC :
Menggunakan karet berbahan campuran antara karet dan plastik menjadikan lebih tahan getas.

Locking System & Hardware yang digunakan :
Multipoint locking, rambuncis, casement, engsel kupu-kupu, support arms, flush bolt, floor hinge.

Jendela & Pintu  menggunakan teknik penyambungan welding system :
U-PVC dipanaskan s/d 250° C pada titik penyambungan menjadikan las titik sambungan akan lebih keras dibanding dengan bagian yang tidak di las.

 

-Smart Living With S Plus-

Translate »